20 Pengungsi Korban KKB Telah Kembali ke Distrik Kiwirok Papua Tengah - Mading Indonesia

Post Top Ad

20 Pengungsi Korban KKB Telah Kembali ke Distrik Kiwirok Papua Tengah

20 Pengungsi Korban KKB Telah Kembali ke Distrik Kiwirok Papua Tengah

Share This


 

20 Pengungsi asal Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua Tengah sudah kembali ke kampung halamannya. Ke-20 warga tersebut merupakan gelombang pengungsi pertama yang kembali usai menjadi korban kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak September 2021 lalu.

"Kita patut bersyukur, dengan berjalan kaki 1 hari dikawal TNI, Polri dan Pemerintah Daerah sebanyak 20 orang masyarakat telah tiba di Distrik Kiwirok," ujar Kepala Satgas Damai Cartenz Kombes Muhamad Firman kepada detikcom, Jumat (2/12/2022).

Diketahui, 20 pengungsi itu sebelumnya berada di Oksibil dan pulang kampung ke kampung halamannya di Kiwirok dengan berjalan kaki selama satu hari, Selasa (29/11). Para pengungsi melewati Kampung Mangabib dan sempat bermalam di Kampung Kubibkop, Distrik Oksebang.

"Sesuai dengan rencana masyarakat tersebut akan tinggal sementara di perumahan guru yang sudah disiapkan oleh aparat TNI-Polri. Setelah rumah mereka diperbaiki barulah mereka kembali ke rumahnya masing-masing," katanya.

Firman menjelaskan sebelumnya ada 1.338 penduduk dari 5 kampung di Distrik Kiwirok yang mengungsi imbas serangan KKB. Oleh sebab itulah petugas berusaha mewujudkan agar para pengungsi itu bisa kembali ke kampung halaman mereka.

"Data yang kami miliki di Oksibil ada 557 orang yang mengungsi dan sisanya tersebar di Distrik lainnya. Ada harapan dari masyarakat untuk mereka kembali ke kampung halamannya, ini yang akan kami perjuangan ke depan. Apalagi mereka sudah 1,2 tahun telah meninggalkan Kiwirok," ujarnya.

Menurut Firman, Pemerintah Daerah setempat juga telah berkomitmen membangun kembali Distrik Kiwirok. Saat ini pendataan terhadap kebutuhan infrastruktur tengah dilakukan.

"Setelah nantinya masyarakat pengungsi kembali sepenuhnya, pemerintah daerah akan menginventarisasi semua kebutuhan untuk pembangunan dan akan memajukan ke pusat semua kebutuhan infrastruktur di sana, untuk kita bangun kembali, mulai dari sekolah, puskesmas, polsek, koramil dan bangunan pemerintahan. Dengan begitu ke depan, masyarakat dapat kembali menjalani aktivitas seperti biasa," tegasnya.

Firman menambahkan bahwa Bupati Pegunungan Bintang Yan Spei Bidana dan Forkopimda Kabupaten Pegunungan Bintang juga telah tiba di Kiwirok menggunakan transportasi udara. Kedatangan Bupati beserta rombongan tersebut sebagai tanda aktivitas di Distrik Kiwirok sudah kembali seperti biasa.

"Secara resmi pesawat sudah mendarat kembali dan hal tersebut menandakan bahwa aktivitas di Distrik Kiwirok sudah kembali seperti biasa," terangnya.
20 Pengungsi asal Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua Tengah telah kembali ke kampung halamannya.20 Pengungsi asal Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua Tengah telah kembali ke kampung halamannya. Foto: Dokumen Istimewa.

Sementara itu, Kepala Distrik Kiwirok Abedeus Tepmul menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu upaya pemulangan pengungsi.

"Terimakasih juga kepada TNI-Polri dan Pemda yang hari ini telah membuka penerbangan perdana di Distrik Kiwirok. Kami memiliki harapan aktivitas seluruh masyarakat dapat segera berjalan dengan normal yang akhirnya roda perekonomian di distrik ini juga akan berjalan," imbuhnya.

Kemudian, pendeta Gereja Gidi Kiwirok, Leo Uopmabin berharap pembangunan kembali fasilitas di Distrik Kiwirok dapat segera dilakukan sehingga masyarakat Kiwirok yang saat ini masih ada di Oksibil seluruhnya bisa segera kembali.

"Semua masyarakat yang di Oksibil mengutarakan kerinduan mereka untuk dapat segera kembali dan melakukan aktivitas seperti sediakala di kampung halaman kami ini Distrik Kiwirok. Kami yang 20 orang yang sudah tiba hari ini sangat senang dapat menginjakkan kaki setelah 1,2 tahun lamanya kami meninggalkan tempat ini. Kerinduan kami terbayar dan saya berharap kerinduan para jemaat saya juga akan segera terwujud," harapnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages