Respons Imun Lemah Jadi Penyebab Pasien Kanker Rentan COVID-19 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Respons Imun Lemah Jadi Penyebab Pasien Kanker Rentan COVID-19

Respons Imun Lemah Jadi Penyebab Pasien Kanker Rentan COVID-19

Share This


Pasien kanker memiliki risiko lebih tinggi mengalami keparahan, perawatan di rumah sakit, dan kematian akibat COVID-19. Salah satu penyebabnya adalah kondisi respons imun pasien yang tidak lagi bekerja secara optimal sejak sel kanker menyerang tubuh mereka.

Kondisi itu dapat berasal baik dari sel kanker maupun efek samping dari terapi kanker. Karena itulah, tubuh pasien kanker yang termasuk dalam kelompok rentan kurang mampu melawan penyakit dan infeksi, termasuk virus penyebab COVID-19.

Dibutuhkan vaksin sebagai pencegahan penyakit menular pada penderita kanker. Dalam kondisi ideal, vaksin seharusnya mampu memicu sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif.

Imunisasi yang efektif harus menginduksi stimulasi jangka panjang baik sistem imun humoral maupun seluler yang dimediasi oleh sistem adaptif dengan memproduksi sel efektor untuk infeksi saat ini maupun sel memori untuk infeksi di masa depan oleh agen patogen.

Berdasarkan penelitian recovery yang dirilis oleh Linardou et. al, terjadi perbedaan respons tubuh terhadap vaksin yang diberikan ke dua kelompok yakni kelompok pasien kanker dan kelompok orang sehat (controls).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages