Komnas HAM Tak Ingin Ratusan Petugas KPPS Meninggal Terulang di 2024 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Komnas HAM Tak Ingin Ratusan Petugas KPPS Meninggal Terulang di 2024

Komnas HAM Tak Ingin Ratusan Petugas KPPS Meninggal Terulang di 2024

Share This

 



Komisi Nasional dan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tak ingin kasus meninggalnya 894 Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2019 lalu, terulang di Pemilu 2024.
Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM, Saurlin P Siagian, mengatakan, pihaknya pun merekomendasikan beberapa hal ke penyelenggara pemilu atau Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami merekomendasikan pada penyelenggara Pemilu supaya membuat skenario agar peristiwa yang sama tidak terjadi. Skenario untuk menghindari terjadinya korban yang sama pada tahun 2019," kata Saurlin di Surabaya, Sabtu (1/4).

Apalagi beban pekerjaan pada Pemilu 2024 berpotensi bertambah, karena digelar secara serentak. Hal itu membuat panitia harus bekerja lebih keras dan maraton.

"Mungkin mempersiapkan seperti jaminan kesehatan bagaimana kecukupan penyelenggaraan, sumber daya manusia yang cukup, dan juga dari segi kesehatan," ucapnya.

Menurut Saurlin, meninggalnya 894 petugas KPPS pada Pemilu 2019 juga disebabkan oleh sejumlah faktor, misalnya, dipengaruhi oleh penyakit bawaan dan usia.

Maka itu, menurutnya proses perekrutan harus dilakukan dengan memperhatikan batasan usia, riwayat penyakit dan lainnya.

"Terjadinya peristiwa itu juga terkait penyakit bawaan, sehingga memerlukan ketika seleksi itu harus benar-benar melakukan cek kesehatan dari penyelenggara, dan juga dari segi umur, jadi umurnya dibuat batasnya," ujarnya.

Hal itu sudah disampaikan Komnas HAM. Dan secara prinsip KPU, ujar Saurlin, juga sudah memikirkan hal-hal tersebut. Di antaranya aturan dan batasan umur serta kesehatan panitia penyelenggara.

"Itu perlu disiapkan secara komprehensif," pungkasnya.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages