Mengapresiasi Upaya Pemerintah Selenggarakan Mudik 2023 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Mengapresiasi Upaya Pemerintah Selenggarakan Mudik 2023

Mengapresiasi Upaya Pemerintah Selenggarakan Mudik 2023

Share This


 

Pemerintah terus berusaha maksimal untuk menyelenggarakan Mudik Lebaran 2023, baik dari segi kesiapan infrastruktur, rekayasa lalu lintas, hingga ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Berbagai langkah tersebut tentu perlu untuk diapresiasi sebagai bentuk hadirnya negara di masyarakat.

Lebaran tahun 2023 sangat istimewa karena masyarakat bisa pulang kampung, setelah tahun 2020 dan 2021 hanya bisa merayakan Idul Fitri di rumah saja. Mereka gembira karena bisa mudik dan sungkem kepada orang tua. Hari raya menjadi lebih indah karena bisa bersalam-salaman dengan para kerabat dan tetangga.

Pemerintah telah bekerja keras agar mudik 2023 berjalan tanpa kendala. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganjurkan masyarakat untuk mudik lebih awal agar terhindar dari kepadatan di hari puncak arus mudik Lebaran, yang diprediksi akan terjadi mulai tanggal 18 sampai dengan 21 April 2023. Bagi masyarakat yang sudah bisa libur bisa mudik lebih awal karena jalanan masih tidak terlalu padat.

Budi Karya melanjutkan, sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan di satu hari tertentu, sehingga tidak terjadi satu puncak arus mudik yang terlalu tinggi yang menyebabkan kepadatan tidak bisa dikendalikan.

Harapannya dengan upaya-upaya antisipasi yang telah dilakukan, perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity (V/C) Ratio bisa tetap di bawah angka 1 yang artinya masih lancar.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di hari puncak arus mudik, berbagai skenario rekayasa lalu lintas telah disiapkan seperti contra flow, one way, ganjil genap, pembatasan angkutan barang, manajemen rest area, dan lain sebagainya.

Sejumlah operator transportasi dan jalan telah memberikan tarif diskon atau promo untuk mendorong masyarakat mudik lebih awal. Di antaranya yaitu operator jalan tol yang memberikan potongan 20% untuk tol Trans Sumatera pada tanggal 16-18 April dan arus balik pada 26-28 April 2023. Sementara, operator lain memberi potongan 20% pada tarif Tol Jakarta Cikampek pada periode 16-18 April dan 27-29 April 2023.

Operator kereta api juga memberikan tarif diskon kereta untuk tanggal 14 – 17 April 2023. Selain itu, maskapai penerbangan juga menetapkan potongan harga pada tiket periode 13-17 April 2023. Sejumlah maskapai ini juga telah menambah kapasitas angkutan selama masa Lebaran guna memenuhi kebutuhan angkutan Lebaran masyarakat.

Masyarakat mengapresiasi pemerintah karena akhirnya mereka diperbolehkan untuk mudik tahun 2023. Saat ini situasi relatif aman dan sudah banyak yang divaksin, sehingga wajar jika mudik diperbolehkan. Mereka aka bersua dengan orang tua dan kerabat di kampung dan tak lagi menahan rindu, karena tahun lalu hanya bisa meminta maaf via video call.

Syarat untuk vaksin booster sebelum mudik juga tidak memberatkan, karena mereka semua sudah mendapatkannya. Sejak awal program vaksinasi nasional dimulai, masyarakat antusias dan diinjeksi vaksin sampai tiga kali. Mereka sadar bahwa vaksinasi akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga aman dari Corona.

Vaksin booster diperlukan untuk memperkuat imunitas tubuh sehingga tidak mudah kena corona. Apalagi virus jahat ini terus bermutasi, sehingga booster adalah kewajiban. Segeralah booster, selain untuk syarat mudik juga menghindarkan dari kemungkinan kena corona.

Saat ini masyarakat mulai berburu vaksin booster karena ingin mudik dan mereka tinggal datang ke RS yang ditunjuk untuk disuntik. Tentu harus membawa fotokopi KTP dan bukti undangan vaksin booster yang ada di aplikasi Peduli Lindungi. Tak usah ragu untuk vaksin booster karena aman, minim efek samping, dan masih digratiskan oleh pemerintah.

Cakupan vaksinasi sudah lebih dari 50% dan tidak perlu sampai 100% vaksinasi baru diperbolehkan mudik. Masyarakat mengapresiasi pemerintah yang mengerti bahwa mereka sudah rindu sekali ingin pulang kampung, sehingga diperbolehkan walau program vaksinasi nasional belum 100% selesai.

Mudik diperbolehkan karena selain kasus Corona sudah lebih rendah daripada bulan lalu, vaksinasi juga sudah dilakukan di mana-mana. Sehingga jika masyarakat melakukan perjalanan jarak jauh secara bersamaan, tidak akan takut terjadi klaster Corona baru. Penyebabnya karena vaksin melindungi mereka dari penularan virus Covid-19.

Masyarakat diminta untuk tidak mencela kebijakan syarat vaksin booster sebelum mudik karena aturan ini dibuat demi keselamatan mereka sendiri. Jika ada yang ngotot untuk antivaksin maka akan tanggung sendiri akibatnya. Sungguh aneh jika ada yang menolak vaksin padahal itu demi menjaga nyawanya sendiri.

Pemerintah berusaha keras agar mudik tahun 2023 berjalan dengan lancar tanpa ada kemacetan panjang. Sejumlah strategi dilakukan seperti mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal, memberi diskon di jalan tol, sampai mengatur arus mudik. Masyarakat mengapresiasi usaha pemerintah yang ingin menyelenggarakan mudik aman dan nyaman, dan meminimalisir resiko terburuk.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages