KTT ASEAN Summit 2023, Warga Labuan Bajo Deklarasi Sukseskan KTT - Mading Indonesia

Post Top Ad

KTT ASEAN Summit 2023, Warga Labuan Bajo Deklarasi Sukseskan KTT

KTT ASEAN Summit 2023, Warga Labuan Bajo Deklarasi Sukseskan KTT

Share This

 


Seluruh lapisan masyarakat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat menyatakan dukungan untuk menjaga dan menyukseskan hajatan KTT Asean ke-43 di Labuan Bajo pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Masyarakat menyatakan komitmen itu dalam apel deklarasi dukungan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat, di Goa Batu Cermin Labuan Bajo, Jumat 5 Mei 2023.

Apel deklarasi itu diinisiasi oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, paguyuban lintas suku, organisasi kemasyarakatan, persatuan atlet dan Pemkab Manggarai Barat.

Hadir dalam apel deklarasi dukungan masyarakat Manggarai Barat itu, Kepala Badan Keamanan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Komjen Pol Mohamad Fadil Imran, Kapolda NTT,  Inspektur Jenderal Polisi Johni Asadoma, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohamad Fadil Imran, mengajak seluruh lapisan masyarakat di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT untuk mensukseskan gelaran KTT Asean Summit ke 42. 

Pelaksanaan KTT Asean pada 9-11 Mei 2023  disebut menjadi titik pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 dan krisis ekonomi yang melanda secara global.

"Epicentrum of Growth menjadikan NTT di mana  labuan Bajo sebagai salah satu titik pertumbuhan ekonomi dengan ekosistem pariwisata yang ada di dalamnya. Ini yg masyarakat rasakan harus jaga bersama titik pertumbuhan ekonomi di bidang pariwisata apalagi Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai destinasi super prioritas," ujar Fadil kepada wartawan. 

Ia pun mengapresiasi gerakan Deklarasi mensukseskan dan mengamankan jalannya KTT Asean yang diinisiasi oleh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat. 

"Dukungan ini memang datang secara natural dari masyarakat. Tentunya kita ingin agar tuan rumah memiliki peran yang signifikan karena kita ketahui bersama KTT Asean ini even untuk menunjukan kepada dunia pasca Covid bahwa ada krisis global dalam bentuk Kris ekonomi, pangan dan energi dimana angka pertumbuhan ekonomi jatuh drastis," ungkapnya.

Jenderal bintang tiga itu mengajak peran aktif masyarakat, meskipun melalui kontribusi yang kecil namun dapat berdampak secara luas bagi kelangsungan KTT Asean.

"Deklarasi ini tak elok jika kita hanya menjadikannya sebagai simbolis saja, kita mulai dukungan dari rumah, dari keluarga kita, anak, adik, saudara kita dengan cara tertib berlalu lintas, menjaga kebersihan dan lain lain," imbuhnya. 

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, mengatakan, deklarasi dari para tokoh masyarakat dan para pemuda itu sebagai bentuk mengikrarkan diri untuk berada di garda terdepan selama pelaksanaan KTT ASEAN agar berjalan aman.

Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada  semua elemen masyarakat Manggarai Barat. 

Ia menilai deklarasi itu merupakan hakekat sebagai tuan rumah. Ia pun tidak menginginkan masyarakatnya menjadi penonton dalam gelaran event internasional itu. 

Pemerintah Indonesia, kata dia, telah menetapkan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-42. Ia berharap kekuatan yang sangat besar dari TNI-Polri bersama masyarakat dapat mewujudkan KTT ASEAN yang aman dan lancar.

"Kalau dalam perjalanannya ada kegaduhan tentu ini pertaruhan yang sungguh besar bangsa ini. Kami sungguh yakin dan percaya bahwa dengan kekuatan yang maha dahsyat dari TNI-Polri yang tentunya dibantu oleh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten ini. Percayalah bahwa KTT ASEAN ke-42 di Kabupaten ini berjalan sangat aman, tertib dan penuh sukacita," pungkasnya. (*)



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages