Presiden Jokowi Beri Sambungan Listrik Gratis ke 100 Ribu Warga Jabar - Mading Indonesia

Post Top Ad

Presiden Jokowi Beri Sambungan Listrik Gratis ke 100 Ribu Warga Jabar

Presiden Jokowi Beri Sambungan Listrik Gratis ke 100 Ribu Warga Jabar

Share This

Presiden Joko Widodo melakukan penyambungan listrik gratis ke sejumlah warga Jawa Barat, yakni di Kelurahan Bantarjati, Bogor, Jawa Barat.
Program penyambungan listrik gratis merupakan sinergisitas antara Pemerintah dan BUMN untuk mengatasi kendala masyarakat terkait mahalnya penyambungan listrik pertama.
Presiden Jokowi menargetkan penyambungan tersebut sampai akhir tahun 2018. Menurutnya, sekitar 100.060 rumah sudah tersambung listrik.
Hal ini membuktikan bahwa pemerintahan Presiden Jokowi fokus pada percepatan elektrifikasi.
“Yang ingin saya sampaikan bahwa di Provinsi Jawa Barat ini ada kurang lebih 200-an ribu rumah yang belum ada listriknya.
Target kita sampai akhir tahun ini 100.060 ini harus sudah sambung seperti sekarang yang kita lihat ini,” kata Jokowi di Bogor, Minggu (2/12).
Jokowi menjelaskan, saat ini masih ada lebih dari 1 juta rumah di Indonesia yang belum teraliri listrik. Dari angka tersebut, sekitar 200 ribu rumah berada di Provinsi Jawa Barat.
Setidaknya, lanjut Jokowi mengatakan ada dua kasus mengenai listrik ini. Pertama, masih ada rumah yang benar-benar belum teraliri listrik.
Kedua, sudah ada rumah yang teraliri listrik namun belum secara mandiri. Hal ini lah yang menjadi fokus Presiden Jokowi di sisa masa jabatan.
Diharapkan dengan program penyambungan listrik gratis ini bisa mengatasi kendala masyarakat terkait mahalnya penyambungan listrik pertama ini.
“Karena memang biaya sambungan ini memang tidak murah. Dan itu memang sudah menjadi standarnya PLN kurang lebih Rp 900-an ribu,” tambahnya.
Selain itu, bagi warga yang selama ini listriknya numpang di tetangga, dengan memiliki sambungan listrik mandiri ini, maka pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya lebih hemat.
“Itu lebih murah dari data yang kita terima. Biasanya per bulan bayar bisa Rp 50 ribu bisa Rp 60 ribu. Setelah sendiri seperti ini bayar kurang leih Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu. Dan sambungannya lebih banyak, juga bisa TV, setrika, rice cooker,” papar manatan Wali Kota Solo ini.
Percepatan elektrifikasi ini menjadi komitmen Pemerintah dalam mencapai target elektrifikasi untuk mewujudkan aksestabilitas terhadap listrik karena listrik sangat penting dalam mendukung perkembangan kehidupan masyarakat terutama di bidang ekonomi dan pendidikan.
Sumber : https://bidikdata.com/presiden-jokowi-beri-sambungan-listrik-gratis-ke-100-ribu-warga-jabar.html

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages