Generasi Muda Harus Ikut Merawat dan Menjaga Keberagaman RI - Mading Indonesia

Post Top Ad

Generasi Muda Harus Ikut Merawat dan Menjaga Keberagaman RI

Generasi Muda Harus Ikut Merawat dan Menjaga Keberagaman RI

Share This
MPR RI menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode outbond Bela Negara yang diikuti oleh 100 Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Sulawesi Utara, Manado, 21 Juli 2019.
Hal ini dilakukan mengingat pendidikan Pancasila mulai redup dan membuat generasi muda mulai kehilangan jati diri bangsa.
Anggota Lembaga Pengkajian MPR, Wahidin Ismail, mengatakan dirinya optimis setelah mengikuti Outbond Bela Negara bahwa para peserta bisa menunjukkan disiplin yang tinggi.
Ia pun mengingatkan suatu bangsa akan mati bila tidak mampu merawat dan mengelola potensi yang dimiliki.
“Uni Soviet, Yugoslavia, dan beberapa negara lainnya pecah dan bubar karena tidak bisa merawat dan mengelola keberagaman yang dimiliki. Dengan demikian tak ada jaminan sebuah bangsa akan terus bertahan,” ujarnya.
Dirinya menambahkan bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang wilayahnya luas, padat penduduknya, beragam budaya, adat, bahasa, dan agamanya. Karena itu apa yang dimiliki negara ini di satu sisi adalah kekayaan, namun di sisi yang lain adalah potensi perpecahan.
Untuk itu, Wahidin berharap ke depan semuanya semakin menyatu. “Bangsa ini telah menghadapi berbagai cobaan dan lulus dalam ujian itu,” ucapnya.
Menurutnya masih bersatunya Indonesia diakui oleh mantan anggota DPD dari Papua Barat itu karena anugerah dari Tuhan, dan bangsa ini mampu merawat titipan dari pendiri bangsa, yakni ikatan dalam keragaman yang menjadi pegangan bersama.
Ia pun meyakini para Menwa sebagai generasi muda mempunyai peran penting dalam ikut menjaga dan merawat Indonesia.
“Dengan sosialisasi ini semakin sempurna bagi Menwa untuk melanjutkan cita-cita pendiri bangsa. Kalian harus menjadi virus yang baik untuk persatuan bangsa,” kata Wahidin.
Sejumlah peserta yang ikut dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode outbond Bela Negara ini mengaku senang dan bangga.
Mereka mengakui bahwa outbond ini merupakan langkah taktis untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan guna menangkal pengaruh budaya dan ideologi yang tak sesuai dengan kepribadian dan nilai-nilai luhur.
Dengan demikian generasi muda pentingnya untuk menambah wawasan tentang kebangsaan dan kecintaan terhadap Pancasila agar menjadi agent of change yang membawa perubahan baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages