Produksi 3 Juta Chloroquine, Erick Thohir: Ada 60 Ribu Pasien Bisa Dapat Obat Ini - Mading Indonesia

Post Top Ad

Produksi 3 Juta Chloroquine, Erick Thohir: Ada 60 Ribu Pasien Bisa Dapat Obat Ini

Produksi 3 Juta Chloroquine, Erick Thohir: Ada 60 Ribu Pasien Bisa Dapat Obat Ini

Share This

Jumlah pasien positif virus corona atau covid-19 di Indonesia terus meningkat. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah menemukan antivirus corona, di mana beberap negara mencoba dua obat yang dinyatakan ampuh atasi virus ini, yakni avigan dan chloroquine.

Menyikapi hal ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kesiapan BUMN Farmasi dalam menyediakan obat chloroquine dan avigan untuk melawan virus corona. Dirinya mencatat ada sekira 3 juta chloroquine yang diproduksi PT Kimia Farma.

“Kalau satu pasien membutuhkan sekitar 50 butir setidaknya ada 60 ribu pasien yang bisa mendapatkan obat ini. Kalau memang efektif tentunya PT Kimia Farma akan memproduksi kembali,” kata Erick, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/3/2020).
Satu lagi yang bisa dibantu oleh BUMN adalah pengadaan obat avigan dari Jepang. Kalau memang dibutuhkan, Kantor BUMN bersama Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo sudah meminta pihak produsen untuk menyediakan bagi Indonesia.

“Avigan sekarang ini sudah diminta oleh banyak negara untuk mengobati mereka yang terjangkit virus corona,” kata Erick Thohir.
Sebagai informasi, saat ini Chloroquine, dan beberapa obat lain, masih dalam tahap uji klinis dan masih perlu persetujuan dari otoritas kesehatan dunia sebelum menjadi obat resmi Covid-19.



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages