Puluhan Ribu TKI Pulang, Jokowi: Jangan Sampai Muncul Gelombang Kedua Covid-19 - Mading Indonesia

Post Top Ad

Puluhan Ribu TKI Pulang, Jokowi: Jangan Sampai Muncul Gelombang Kedua Covid-19

Puluhan Ribu TKI Pulang, Jokowi: Jangan Sampai Muncul Gelombang Kedua Covid-19

Share This

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada 89 ribu pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air di tengah pandemi corona. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah. 
Jokowi memerintahkan jajarannya memonitor secara ketat potensi penyebaran virus corona di berbagai kluster, seperti di kluster PMI, jamaah tablig Gowa, rembesan pemudik dan industri. 
"Ini perlu benar-benar dimonitor secara baik," ujarnya dalam rapat terbatas melalui telekonferensi, Senin (4/5/2020).
PMI digolongkan dalam kluster yang berpotensi menyebarkan Covid-19. Jokowi mendapatkan laporan ada 89 ribu PMI yang sudah kembali ke tanah air. Sedangkan 16 ribu lainnya diperkirakan akan menyusul.
Sebab itu, kepulangan PMI atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) harus diawasi secara ketat agar tidak menyebarkan Covid-19 ke Tanah Air. "Ini harus betul-betul ditangani, dikawal secara baik di lapangan sehingga jangan muncul gelombang kedua," tuturnya.
"Yang lain juga kluster industri. Kita harus memastikan industri yang diizinkan beroperasi yang mana, harus dicek di lapangan, mereka melakukan protokol kesehatan yang ketat atau tidak," pungkasnya. (ari)
(amr)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages