Jokowi Resmikan PLBN Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Perbatasan - Mading Indonesia

Post Top Ad

Jokowi Resmikan PLBN Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Perbatasan

Jokowi Resmikan PLBN Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Perbatasan

Share This

 


Peran pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi ini sangat penting, khususnya di daerah perbatasan.

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara melalui adanya Pos Lintas Batas Negara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat perbatasan.

Karena adanya PLBN ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat perbatasan agar masyarakat di perbatasan dapat sejahtera.

Dilansir dari akun Twitter @KemenPU menuturkan bahwa pada bulan Oktober lalu pemerintah telah meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Merauke.

“Oktober lalu, Presiden Jokowi telah meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Merauke, Papua. Sebelumnya PLBN Skouw di Jayapura juga telah beroperasi sejak tahun 2017,” tulis akun @KemenPU di Twitternya, Selasa 16 November 2021.

Ini merupakan bukti bahwa pemerintah ingin meningkatkan ekonomi masyarakat di perbatasan dengan wajah dan pelayanan baru, dibangunnya PLBN ini sebagai kemajuan Indonesia di kawasan perbatasan.

Menurut Presiden, kawasan perbatasan merupakan beranda terdepan Indonesia yang mewakili wajah bangsa yang harus terus dibangun, agar bisa mendapatkan representasi kemajuan Indonesia yang membanggakan seluruh masyarakat Indonesia.

"Dengan wajah baru, dengan tampilan baru dan juga yang tidak kalah penting dengan cara-cara pelayanan yang lebih baik yang menjadi cerminan komitmen kita dalam membangun Kawasan perbatasan,” tuturnya.

“Saya berharap PLBN Sota ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih nyaman kepada masyarakat Indonesia yang melintasi Indonesia menuju Papua Nugini. Meningkatkan keamanan di Kawasan perbatasan, mendorong pertumbuhan sentra-sentra perekonomian baru serta membuat masyarakat semakin cinta dan bangga dengan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

PLBN juga dikembangkan dengan sejumlah sarana dan prasarana penunjang untuk mendukung kegiatan sosial-ekonomi masyarakat, seperti pasar, rest area, warung makan, hingga toserba.

"Disana , para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memasarkan produknya,” tulis @KemenPU.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas negara, tapi juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, salah satunya dengan dibangunnya pasar.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages