Survei: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Diterima Rakyat - Mading Indonesia

Post Top Ad

Survei: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Diterima Rakyat

Survei: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Diterima Rakyat

Share This


Masyarakat mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun infrastruktur di Indonesia. Tak hanya itu, pengabdian Jokowi dalam penanggulangan covid-19 dapat menyenangkan hati rakyat.
"Dari total 1.200 responden yang diwawancara pada periode 16-24 November 2021, sekitar 39 persen di antaranya menilai keberhasilan pemerintah saat ini ditunjukkan lewat pembangunan infrastruktur," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Minggu, 20 Desember 2021.

Menurut dia, mayoritas responden yang diwawancara menilai pembangunan infrastruktur wujud keberhasilan Pemerintahan Presiden Jokowi. Sekitar 19 persen responden menilai keberhasilan kerja pemerintah terlihat dari menurunnya kasus covid-19.

Sebanyak 9 persen responden lainnya menyebut pemerintah sukses meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dalam hasil survei yang sama, kata Adi, responden menilai pemerintah berhasil melaksanakan program vaksinasi covid-19, pemberdayaan ekonomi terutama sektor UMKM, dan pendidikan.

Kemudian, 1,2 persen responden menganggap pemerintah berhasil memberantas korupsi. Jumlah responden yang sama menilai pemerintah telah mengatasi masalah ketenagakerjaan.

"Sebanyak 1 persen dari 1.200 responden atau sekitar 12 orang menilai pemerintah telah melaksanakan program kesehatan gratis, sementara 0,8 persen responden lainnya atau sekitar 10 orang menyebut pemerintah berhasil memberantas terorisme," paparnya.

Lembaga survei KedaiKOPI juga menghimpun pendapat publik terkait masalah yang dihadapi masyarakat saat ini. Hasilnya, kata dia, sekitar 37 persen responden atau 444 orang yang diwawancara berpendapat pandemi covid-19 masih menjadi masalah utama.

Tetapi 17,4 persen responden menilai tingginya pengangguran dan kurangnya lapangan kerja menjadi problem yang banyak dialami masyarakat. Dalam hasil survei itu, masalah lain yang menjadi perhatian publik, antara lain tingginya harga kebutuhan pokok 9 oersen, korupsi 6,1 persen, dan tingginya utang luar negeri 4,6 persen.

Lalu, rendahnya daya beli masyarakat 4,5 persen dan terpuruknya ekonomi 3,9 persen. Kemudian, kemiskinan dan kesenjangan 3,7 persen, tidak meratanya distribusi bantuan 1,5 persen, dan layanan pendidikan kurang merata 1,6 persen.

Terlepas dari berbagai masalah itu, Adi mengatakan mayoritas responden tetap mengaku nyaman dengan kepemimpinan Presiden Jokowi. Sekitar 68,8 persen dari 1.200 responden mengaku nyaman, sementara 31,2 persen mengaku sebaliknya.

"Ada berbagai alasan responden mengaku nyaman dengan kepemimpinan Jokowi, antara lain mereka merasa negara aman, nyaman, dan kebebasan terjamin. Setidaknya ada 28,8 persen dari 826 responden yang menyampaikan alasan itu," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages